Implementasi Big Data Pada Industri Penerbangan

Big data Merupakan data dengan ciri yang berukuran sangat besar, mengolah data dan membagikan data yang ukurannya sangat besar dan mungkin tidak terstruktur yang perlu diolah secara khusus dengan teknologi inovatif sehingga mendapatkan informasi.

pada perusahaan penerbangan big data merupakan salah satu teknologi yang sangat bepengaruh terhadap kemajuan aktivitas penerbangan karena setiap data yang terpakai bisa sampai bertera-terabyte. Sebagai contoh Boeing 787 yang bisa menghasilkan rata-rata setengah terabyte data untuk setiap penerbangnnya. Para maskapai kini menggunakan big data untuk membantu menyelipkan efisiensi ke dalam penggunaan bahan bakar mereka.

UTS aerospace systems menggunakan data dari system onboard pesawat untuk memantau kondisi operasional dan posisi pesawat selama dalam rute penerbangan. Aercraft data management yang dimiliki oleh data aerospace systems menggunakan data yang sangat besar yang dihasilkan oleh pesawat,yang digunakan oleh awak operasi pesawat dan juga dapat digunakan secara bersamaan oleh tim operasional yang berada di darat.

laporan dan data dari kondisi dan posisi pesawat terintegrasi dengan berbagai jenis penyedia jasa komunikasi termasuk SATCOM atau ACARS. yang mengintegrasikan antar sisten onboard pada pesawat dengan portal komunikasi selama selama penerbangan.

ADS-B mengirimkan sinyal dengan frekuensi 1090Mhz yang berisi data lengkap pesawat secara simultan. Gelombang sinyal radio ini ditangkap oleh penerima yang dimiliki flightradar24 yang kemudian ditampilkan melalui sebuah gambar.

Namun ada juga permasalahan yang mungkin sering terjadi seperti ketidaksesuaian jadwal keberangkatan pesawat sehingga harus delay terlebih dahulu.

Leave a Reply