Teleprinter

Teleprinter merupakan mesin yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan teksĀ  yang diproduksi dari kejauhan pada mesin yang serupa tanpa menggunakan kabel. Mesin tersebut tehubung dengan telegraph atau radio.

Sebuah Teleprinter yang dipasang pada sebuah modem juga dapat berkomunikasi melalui standar mengganti jalur telepon umum. Konfigurasi ini sering menghubungkan printer ke komputer dari jarak jauh, terutama dalam linkungan berbagi waktu.

Kelebihan Teleprinter adalah pengiriman dan penerimaan data yang effektif dan akurat dan yang paling utama adalah mesin ini tidak bisa disadap mengingat system operational teleks ini memelukan arus kerja yang tertentu sehingga lebih atau kurang sedikit saja akan menimbulkan masalah (berita yang diterima akan cacat atau error).

Kelemahan Teleprinter kecepatan transfer data telah kalah saing dengan teknologi baru, yaitu email dan faks

Jenis-Jenis Jaringan Teleprinter

1. Sistem Dial-up seperti Telex dan TWX. sistem ini meciptakan real-time sirkuit antara dua mesin, sehingga apapun yang diketik pada satu mesin muncul di ujung lain dengan segera.

2. Message Switching System.

3. Broadcast systems, atau “news wires”

4. “Loop” sistem, dimana apapun yang diketik pada setiap mesin pada loop tercetak pada semua mesin

Contoh penerapannya yaitu pada telex. Telex adalah singkatan dari Teleprinter Exchange yaitu suatu jaringan teleprinter yang digunakan oleh umum secara international (world-wide public teleprinter network). Dalam perjalanan waktu ke Indonesia istilah Telex sering digunakan hanya untuk Terminal Teleprinternya saja sedangkan media untuk menghubungkan dengan Teleprinter lainnya disebut dengan Sentral Telex

Sumber :

– https://www.definitions.net/definition/teleprinter

– http://bbogel.blogspot.com/2010/07/teleprinter-1.html

– http://otomatisasitatakelolaperkantoran5.blogspot.com/2017/07/teleprinter.html

Leave a Reply