Analisa Simulasi Jaringan Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer

  1. Peer to Peer

Peer To Peer merupakan jaringan komputer dimana semua komputer yang terhubung merupakan server dan klien. Jaringan dibentuk tanpa adanya kontrol terpusat yang terdedikasi, setiap komputer memilik kedudukan yang sama.

Dari simulasi berikut kita tahu, bahwa PC server (PC0) langsung mengirimkan data ke PC Client (PC1) secara langsung tanpa perantara. Kabel yang digunakan pada jaringan peer to peer adalah Cross-Over, karena menghubungkan device yang sama. Mode transmisi data pada jaringan peer to peer adalah half duplex karena pengirimannya secara beurutan.

 

Mode Realtime

 

Mode Simulation

 

  1. Switch to Switch

Sebelum kita menganalisa simulasi jaringan switch to switch, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Jaringan Switch? Jaringan Switch adalah komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan pertukaran paket, baik menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dituju.

Pada simulasi switch to switch data dari PC5 (sebagai server) dikirim melalui jaringan switch1 lalu dihantarkan oleh router dan dikirim lagi melalui jaringan switch2 dan langsung terkirim ke PC8 (sebagai client). Berbeda dengan peer to peer, switch to switch menggunakan kabel Straight karena menggunakan device lain yaitu router sebagai pengantar datanya. Mode transmisi data pada jaringan Switch to Switch yaitu Full Duplex.

Mode Realtime

Mode Simulation

  1. Hub to Hub

Jika switch to switch pengiriman data nya langsung ke client setelah melalui jaringan switch dan route. Kalau Hub, ketika melakukan pengiriman diawal hampir sama seperti switch menggunakan router sebagai penghantar data nya akan tetapi setelah itu data-data nya akan disebar ke semua device untuk mencari device tujuan. Setelah itu, data akan kembali ke server. Mode transmisi data pada jaringan Hub to Hub adalah Half Duplex

Mode Realtime

Mode Simulation

  1. Switch to Hub

Kalau sebelumnya switch to switch dan hub to hub, sekarang gabungan dari keduanya yaitu switch to hub, data dari laptop2 (sebagai server) dikirim terlebih dahulu melalui jaringan switch lalu dikirim ke router setelah itu baru dikirim ke hub. Dari jaringan HUB, data tersebut di sebarkan ke gateway lain untuk menemukan alamat IP yang dituju yaitu PC18 (sebagai client). Tipe jaringan yang digunakan berbeda-beda, pada switch mode transmisi datanya adalah Full Duplex sedangkan pada hub mode transmisi datanya adalah Half Duplex.

Mode Realtime

Mode Simulation

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply